BUNTOK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan melakukan Sosialisasi tentang Peran Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dalam Pengurangan Resiko Bencana.

Tujuan Bimbingan Organisasi ini adalah dalam rangka Penyelenggaraan pencegahan dan penanggulangan Bencana di Kabupaten Barito Selatan guna memberikan informasi berkaitan dengan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana.

Selain itu Pihak Rapi Wilayah 05 Barito Selatan akan membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan dalam hal sosialisasi pencegahan bencana terutama Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Selatan.

Ketua Umum Rapi Wilayah 05 Kabupaten Barito Selatan menyampaikan akan siap menerjunkan anggota RAPI yang sekarang untuk membantu dalam hal Pencegahan dan Penanggulangan Bencana sesuai dengan tujuan tersebut.

Penanggulangan Bencana memerlukan suatu Inovasi yang terwujud dari sinergi dan Kolaborasi. Inovasi tersebut terealisasinya ketangguhan masyarakat dan kunci dari “PENTAHELIX”.

Pentahelix merupakan konsep pembangunan yang unsurnya terdiri dari pemerintah, masyarakat atau komunikasi, akademisi, pengusaha dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Kelima Helix tersebut yakni Pemrintah sebagai regulator, akademis sebagai Konseptor, Pengusaha sebagai Pendorong, Media Massa sebagai Penguat dan Masyarakat sebagai Akselerator.

Melalui pelibatan lima pihak tersebut, maka akan menjadikan masing – masing helix sebagai katalisator atau pembawa perubahan dan percepatan dalam mencapai visi Penanggulangan Bencana.

Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan melakukan kerja sama dengan organisasi yang membidangi kebutuhan terkait informasi baik sebelum Tanggap Darurat maupun Pasca Bencana.

Sedangkan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Daerah 20 Kalimantan Tengah Wans Fartha menambahkan RAPI Wilayah 05 Barito Selatan akan membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan mensosialisasikan Pencegahan Bencana, terutama Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) kepada Masyarakat.

 

Salam Tangguh dan Salam Kemanusian